BLANTERWISDOM101

Forum Lingkar Pena Medan Menghadiri Kegiatan Community Festival 2024

Selasa, 09 Juli 2024
Komunitas menulis

flpmedan.org,- Forum Lingkar Pena (FLP) Medan menghadiri kegiatan Community Festival 2024 FIM Medan & FIM Deli Serdang dengan Tema "Bangkit Bersama, Membangun Negeri" pada Hari Sabtu, 06 Juli 2024 di Dinas Perpustakaan Arsip Provinsi Sumatera Utara.

Rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09:00 s/d 18:00 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh beragam komunitas, setiap komunitas yang hadir memberikan maksimal 3 kandidat untuk mengikuti rangkaian kegiatan. 

Pada sesi pagi setelah registrasi, sembari menunggu peserta hadir, terdapat sesi materi untuk memberikan semangat kepada para komunitas. Mulai dari pembentukan, sampai pendanaan yang bertujuan untuk menyelesaikan isu masalah di lingkungan setempat.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Afif Abdillah, SE. selaku Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, dengan memberikan motivasi kepada para pemuda tentang jiwa pemenang. 

"Pemenang ialah yang menyalahkan dirinya sendiri pada kegagalan. Sehingga ia akan berusaha untuk mengevaluasi dan mencari solusi dalam menyelesaikan masalah. Gagal itu biasa dan buatlah kegagalan takut pada diri kita." Ucapnya pada acara tersebut.

Setelah Isoma, peserta dibagi menjadi tiga kelompok bagian untuk mengadakan FGD (Focus Group Discusion). Di antaranya Kepemudaan, Lingkungan, dan Pendidikan Literasi. 

Setiap kelompok kemudian diberikan tantangan untuk membuat sebuah program dalam mengatasi masalah yang sesuai dengan bidangnya. 

Dalam sesi tersebut, kelompok "Lingkungan" memilih bergerak memberantas isu sampah dengan pelatihan pengelolaan. 

"Pendidikan Literasi" memilih bergerak mengurangi masalah putus sekolah dengan Pelatihan untuk Orangtua dan Anak terkait edukasi finansial serta seni kreatif. 

Sementara Kelompok "Kepemudaan" membuat kampanye Mental Health dan rumah sembuh. Ketiga kelompok kemudian melakukan presentase dan membuka forum diskusi.

Ba'da ashar, setiap komunitas kemudian  memperkenalkan komunitasnya, baik melalui presentasi, video berjalan, maupun pidato. Terdapat 19 komunitas yang tergabung di acara Community Festival  2024 ini. 

Di antaranya FLP Medan, Relawan Langit Nusantara, Blogger Medan, Rumah Literasi Ranggi, LPM Dinamika UINSU dan lain-lain. Besar harapan agar kedepannya tiap komunitas bisa saling berkolaborasi untuk memberikan dampak bagi masyarakat. Kegiatan penutup diakhiri dengan sesi foto bersama.

Salam Forum Lingkar Pena. Berbakti, berkarya, berarti!


Dokumentasi Kegiatan




Share This :
FLP Medan

Salam kenal, ini adalah website resmi FLP Medan, sebuah organisasi kepenulisan terbesar yang berasaskan keislaman, kepenulisan, dan keorganisasian.

0 comments