BLANTERWISDOM101

Ngabuburit ala Keluarga FLP Sumut

Jumat, 29 Maret 2024
Buka bersama puasa ramadan


flpmedan.org,- Hari sabtu, 23 Maret 2024 kemarin, menjadi momen spesial bagi keluarga besar Forum Lingkar Pena.

Pasalnya, keluarga besar FLP Sumatera Utara mengadakan acara yang dinanti-nantikan oleh setiap anggotanya, yaitu momen ngabuburit sekaligus buka bersama. Acara ini diadakan di Waroeng Edukasi yang beralamat di jalan Halat. 

Berbeda dengan orang kebanyakan, yang menghabiskan waktu ngabuburit dengan JJS alias Jalan-jalan Sore, FLP sebagai organisasi kepenulisan melakukan ngabuburit dengan cara yang berbeda.

Ngabuburit kali ini, tidak hanya sekadar menghabiskan waktu, tetapi juga mengisi waktu dengan menambah keilmuan. Acara ngabuburit dilaksanakan dengan tradisi "bedah karya" yang sejak lama telah menjadi agenda FLP.

Ngabuburit ini diinisiasi oleh FLP Medan sebagai panitia, dengan mengajak setiap anggota untuk turut meramaikan acara.

Dalam momen tersebut, acara diawali dengan pembukaan, pembacaan tilawah dan ice breaking dengan games sederhana. Selanjutnya, masuklah ke acara inti yaitu bedah karya. 

Dalam bedah karya ini, setidaknya ada 3 jenis karya cerpen dari anggota FLP Medan yang dibedah oleh M. Khamdiyah selaku pemantik bedah karya. Adapun karya ini adalah karya yang telah di publikasi dalam web FLP Medan.

Sebelumnya, peserta yang hadir dibagi menjadi 3 kelompok, yang kemudian tiap kelompok akan membedah cerpen bagiannya. Setelah tiap kelompok diskusi dan membedah karya, masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya.

Selanjutnya pemantik bedah karya melakukan pembedahan terhadap 3 karya tersebut. Usai bedah karya dilaksanakan, untuk menambah khidmat acara ini, sekaligus menambah kekhusyukan di bulan ramadan, maka diadakan tausiyah singkat oleh ustadz M. Nurul Fadli yang juga merupakan pengurus wilayah FLP Sumut.

Akhirnya momen berbuka pun tiba, seluruh peserta yang hadir berbuka puasa bersama dan melaksanakan solat maghrib. Acara ini ditutup dengan pembagian reward kepada tiap kelompok bedah karya dan peserta hadir tercepat, serta diakhiri dengan sesi foto bersama.

Semoga momen ngabuburit sekaligus buka bersama ini semakin menguatkan semangat anggota FLP dalam berkarya, serta mengeratkan jalinan antar anggotanya. Salam Forum Lingkar Pena. Berbakti, berkarya, berarti!

Dokumentasi kegiatan:


Share This :
FLP Medan

Salam kenal, ini adalah website resmi FLP Medan, sebuah organisasi kepenulisan terbesar yang berasaskan keislaman, kepenulisan, dan keorganisasian.

0 comments