BLANTERWISDOM101

FLP Medan Sukseskan Inagurasi Anggota FLP Binjai Angkatan I

Kamis, 24 Agustus 2023
inagurasi FLP Binjai

flpmedan.org,
- Sabtu-Ahad, 12-13 agustus 2023, tiga orang anggota FLP Medan diminta untuk menjadi instruktur inagurasi yang diadakan oleh FLP cabang Binjai. Keseruan acara inagurasi ini berlangsung selama dua hari satu malam di Baitul Hikmah, Binjai.

Pada kesempatan ini, ketiga anggota sekaligus pengurus FLP Medan yaitu Malikatul Khamdiyah (Master of Training), Masdalipa Wahyuni (Instruktur), dan Sri Rizki Hardianti (Instruktur) berhasil memimpin acara hingga selesai pada Ahad, 13 Agustus 2023 pukul 17.00 WIB.

Acara inagurasi ini diikuti oleh 12 peserta yang semuanya adalah perempuan dan selanjutnya dibagi menjadi tiga kelompok. 

Adapun rangkaian acaranya terdiri dari pembukaan, materi landasan rekrutmen FLP yang terdiri dari keislaman, kepenulisan dan keorganisasian, suplemen materi yaitu public speaking dasar untuk penulis, berbagai rincian kegiatan mengasah kemampuan menulis peserta yang dibawakan secara disiplin namun tetap menyenangkan.

Inagurasi Hari Pertama

Dua hari satu malam yang sangat berkesan tentunya, acara dimulai pukul 16.40 WIB oleh MoT Malikatul Khamdiyah (Malika) dengan pembukaan (tilawah, doa, kata sambutan, penyematan nametag peserta) penjelasan dan penandatanganan kontrak belajar selama kegiatan, kemudian pembagian kelompok, pembuatan yel-yel dan pembagian buku yang akan diresensi oleh tiap peserta.

Acara inagurasi ini diadakan, untuk menggodok anggota FLP Binjai Angkatan I agar menjadi kader FLP yang seutuhnya, yaitu anggota yang siap menerapkan 3 landasan rekrutmen FLP, serta bentuk sahnya para peserta menjadi anggota FLP Binjai. Pembukaan acara kemudian berakhir pada pukul 18.20 WIB, kemudian dilanjutkan dengan ishoma hingga isya'.

Selepas isya', acara diambil alih oleh instruktur Sri Rizki Hardianti (Kiki) selaku moderator yang memimpin berjalannya sesi materi, terdapat 2 sesi materi yang akan menjadi bekal para peserta inagurasi kali ini.

Materi pertama (Keorganisasian) dibawakan oleh ketua FLP wilayah Sumut, Fuji Astuty. Materi pertama berlangsung selama 60 menit dengan penyampaian materi dan tanya jawab yang cukup menggugah. Bahkan saat sesi ini habis, masih ada peserta yang ingin mengajukan pertanyaan.

Selanjutnya, penyampaian materi kedua (Keislaman) yang dibawakan oleh Anugrah Roby Syahputra, selaku pengurus pusat FLP sekaligus pemilik Baitul Hikmah yang akrab dipanggil bang Roby, meskipun saat itu ternyata ada peserta yang memanggil dengan sebutan "bapak".

Seperti biasa, bang Roby selalu membawakan materi yang aduhai membakar rasa ingin tahu pendengarnya, meskipun diiringi dengan drama mati listrik dan hujan lebat, namun antusias para peserta tak jua surut.

Materi kedua pun usai pada pukul 10.30 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. Ternyata listrik terlalu segan untuk mati lebih lama dan memilih untuk mengiringi sesi foto bersama ini.

Selesailah acara di hari pertama, para peserta kemudian istirahat untuk kemudian melanjutkan acara esok pagi pukul 04.00 WIB.

Inagurasi Hari Kedua

Pukul 04.00 WIB, para peserta dibangunkan instruktur Masdalipa Wahyuni (Masda) untuk melaksanakan qiyamul lail dan membaca Al-qur'an hingga masuk waktu subuh.

Para peserta kemudian melakukan qobliyah subuh dan salat subuh berjama'ah. Selepasnya, para peserta bersama MoT dan instruktur membaca al-ma'tsurat secara bersama.

Kegiatan dilanjutkan dengan olahraga dan outbond low impact yang dipandu oleh Instruktur Masda. Olahraga diawali dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan senam yang dipandu oleh tiga instruktur cilik, yaitu Bang Fatih, Kak Shaffiyah dan Dik Maryam.

Usai senam, kegiatan kembali diambil alih oleh Instruktur Masda dengan berbagai permainan outbond seru hingga pukul 07.40 WIB. Peserta kemudian beristirahat, sarapan dan bersih-bersih hingga pukul 09.00 WIB.

outbond ringan

Sesi materi kembali diambil alih oleh Instruktur Kiki. Materi ketiga (Kepenulisan) dibawakan kembali oleh bang Roby dan materi keempat (public speaking) oleh Kak Rudang, seorang public speaker handal yang membawakan materi dengan sangat meriah.

foto bersama pemateri

Usai materi, tiap kelompok mengambil kertas secara acak yang telah disediakan untuk mengetahui jenis pertunjukkan yang akan ditampilkan pada akhir acara. Peserta diberi waktu selama 90 menit untuk mempersiapkannya sembari salat dan makan siang.

Seberes melaksanakan Ishoma, giliran peserta berperan aktif dengan menyampaikan resensi yang dipandu oleh MoT Malika. Setiap peserta menyampaikan resensi dari buku yang telah dibagikan sebelumnya secara bergilir, resensi ini disampaikan secara lisan oleh tiap peserta.

Usai menyampaikan resensi, tiap peserta melaksanakan post test berdasarkan kelompoknya masing-masing. Post test terdiri dari tiga landasan rekrutmen FLP yang lokasinya agak berjauhan agar terhindar dari kebocoran soal.


Pos 1 (Keislaman) dipandu oleh Instruktur Kiki

Pos ini diisi dengan permainan beragam pertanyaan terkait keislaman dasar dan materi keislaman yang telah disampaikan sebelumnya. Permainan ini terdiri dari 20 pertanyaan yang dibagi menjadi 2 sesi. 

Setiap anggota kelompok menjawab pertanyaan secara bergilir, dan masing-masing pertanyaan hanya diberi waktu 5 detik untuk menjawab.


Pos 2 (Kepenulisan) dipandu oleh MoT Malika.

Pos ini diisi dengan pilihan tema dan kata-kata sulit yang dipilih oleh setiap anggota kelompok, kemudian mereka ditugaskan untuk merangkai sebuah puisi dengan bekal kata-kata sulit tersebut.


Pos 3 (Keorganisasian) dipandu oleh Instruktur Masda

Pos ini diisi dengan games seputar keorganisasian yang terdiri dari 3 level. Apabila peserta bisa menyelesaikan level 1, maka bisa melanjutkan ke level berikutnya. Namun, jika sebaliknya maka peserta akan terhenti hingga durasi yang diberikan berakhir.

Sesi Akhir Acara Inagurasi

Setelah post test, setiap kelompok kemudian menampilkan pertunjukkan terbaiknya berdasarkan dengan kertas undian yang sudah dipilih.

Kemudian dilanjutkan dengan tukar kado, dan foto bersama. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian pesan kesan, pelepasan nametag setiap peserta, dan ikrar anggota sebagai penanda sahnya tiap peserta menjadi anggota FLP Binjai Angkatan I.

Semoga dengan berakhirnya inagurasi ini maka terciptalah generasi-generasi penulis amar ma'ruf nahi munkar di Kota Binjai. Salam, Forum Lingkar Pena. Berbakti, berkarya, berarti.




Share This :
FLP Medan

Salam kenal, ini adalah website resmi FLP Medan, sebuah organisasi kepenulisan terbesar yang berasaskan keislaman, kepenulisan, dan keorganisasian.

0 comments