BLANTERWISDOM101

RESENSI: Master Your Pain

Sabtu, 10 Oktober 2020

 


Rata-rata buku bergenre self improvement memiliki tema besar yang hampir sama, bagaimana membuat orang lebih baik. Penulis-penulisnya secara umum ingin mengajak orang lain untuk bersama-sama menyebarkan energi positif. Mereka menganjurkan kita untuk tersenyum ketika kita sedang tidak bisa tersenyum sama sekali. Mereka menyuruh kita berpikir positif ketika terpaan demi terpaan ujian menimpa tanpa pandang waktu, beruntun, hingga tak menyisakan sedikit pun ruang kosong untuk seseorang mengambil jeda. Padahal bisa jadi, bagi seseorang, justru kesulitan-kesulitan yang dialami telah memengaruhi cara berpikirnya tentang kehidupan.

Berbeda dengan sebagian penulis buku pengembangan diri, Maulida Ayu justru menawarkan suguhan yang anti mainstream terkait bagaimana seseorang mengelola rasa sakit.

Master Your Pain adalah sebuah analogi terbalik memandang rasa sakit dalam kehidupan. Penulisnya bukan menyemangati kita untuk menolak rasa sakit, tetapi justru menikmatinya senikmat minuman coklat panas yang kita sesap bersama orang-orang yang kita cintai.

Terdiri dari 14 bab yang dituturkan dengan bahasa yang ringan, pembaca agaknya akan turut mengangguk, meng-iya-kan, menangis, dan mencoba menikmati kesakitan demi kesakitan hidup yang dialami, yang akan terbayang selama membaca lembaran demi lembaran buku ini.

Terkadang kita memang membutuhkan tangis untuk sekadar meluapkan beban hati. Sesekali kita perlu berlutut, meneriakkan gumpalan kesakitan dalam diri, lalu tersungkur di atas sajadah, memilih jalan pulang yang tak pernah akan pergi. Rasa sakit adalah juga cara Allah untuk membuka hati manusia. Berteman dengan sakit dan luka akan membuat seseorang lebih kuat daripada sekadar memaksakan diri untuk tersenyum.

"Semua cobaan akan terasa biasa saja; tepat saat hati Anda merasa mati rasa." (Maulida Ayu)

Master Your Pain adalah satu di antara sekian banyak buku self improvement yang layak dibaca.

Judul: Master Your Pain

Penulis: Maulida Ayu

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal: 106 halaman

Terbit: Cetakan I, 2020

ISBN: 978-602-06-4522-3

Peresensi: Evyta Ar

 


Share This :
FLP Medan

Salam kenal, ini adalah website resmi FLP Medan, sebuah organisasi kepenulisan terbesar yang berasaskan keislaman, kepenulisan, dan keorganisasian.

0 comments